Cara Tepat meghilangkan Candu Gadget atau Hp pada Anak

Terkadang rasa sesal itu pasti datang belakangan dan itu memang adalah hal yang nyata terjadi. Begitupun para orang tua dalam mendidik anak, banyak hal-hal yang terjadi pada anak dan kita baru sadar setelah efek buruk yang menimpa pada anak. Di zaman  moderen ini yang serba digital. Banyak anak belum se usianya sudah bertingkah sepeti anak dewasa dalam penggunaan Gadget, bahkan memang hal ini bukan hal langka tapi adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan dimana anak-anak sudah terbiasa atau bahkan kecanduan dalam penggunaan gadget, tapi para orang tua harus selalu berusaha untuk melepas mereka dari rasa candu gadget sebelum efek negatik menimpa  mereka, dan hal itu akan lumayan sulit, tapi bila orang tua betul-betul ingin mengontrol dan menyelamatkan para anak dari bahaya gadget dan itu adalah hal yang harus wajib dilakukan para orag tua dan berikut ulasan dan tahapan yang harus di laksanakan para orang tua agar anak bisa lepas dari candu gadget :

1. Beri jadwal
Membuat jadwal yang husus secara konsisten adalah salah satu yang paling penting agar si anak akan terikat dengan waktu ayang diberikan oleh Orang tua.

2. Membatasi penggunaan
Membatasi penggunaan sesuai dengan tingkatan usia. The American Academy of Pediatrics (2013) dan Canadian Paediatric Society (2010) telah menerbitkan pedoman screen time seperti berikut ini:

           Anak-anak di bawah usia 2 tahun: sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, termasuk TV, smartphone dan tablet.

           Anak-anak usia 2 sampai 4 tahun: kurang dari satu jam sehari.

           Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional (di luar kebutuhan belajar).

3. membuat daerah – daerah anti gadget
Laranglah atau buat aturan untuk tidak menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Seperti  di meja makan, di mobil.di kamar tidur, dan kamar mandi.

4. Berikan contoh yang baik atau sikap kita terhadap gadget didepan anak
Anak adalah manusia yang semuanya sedang meniru apa yang dia lihat. Hal ini adalah hal

yang wajib di perhatikan bagi orang tua. Dan  harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP dan berikan waktu yang baik untuk anak kita.

5. latihlah atau mengajarkan anak bagaimana pentingnya menahan diri
Berilah  pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Dan dengan begitu si anak akan semakin bersemangat untuk lebih menahan diri.


6. Jangan beri akses penuh batasi dalam konten
Posisikan tv atau komputer di ruang keluarga. Sehingga setiap anak menggunakannya, dia tidak sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga.
Selain itu perangkat mobile juga sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. suruhlah anak untuk meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan simpan kembali apabila telah selesai menggunakannya.

           sedikit demi sedikti untuk meng urangi frekuensi bermain gadget
Jangan hentikan kebiasaan anak bermain gadget  sekaligus. Cobalah menguranginya secara bertahap.

Penghentian sekaligus hanya akan membuat anak memberontak dan marah besar.

7. Ajak anak bersosialisasi dengan teman sebaya.
Boleh jadi anak bermain gadget  karena tidak ada aktivitas menyenangkan dengan teman-teman sebaya.

8. Sibukkan anak dengan berbagai aktivitas menarik.
Sediakan alternatif permainan pengganti, sehingga anak lebih menikmati aktivitas itu, daripada sekadar bermain gadget.

9. Berikan hadiah.
Jangan sungkan untuk memberikan hadiah pelukan, ciuman, acungan jempol saat anak berhasil mengurangi frekeuensi bermain gadget-nya.

Bila anak belum tau asyiknya bermain gadget

           Jangan pernah memulai memberi anak gadget .
Sekedar Saran dan perhatian. Bila anak tidak memiliki gadget, sebagai orang tua akan bisa memiliki kendali lebih atau mudah mengontrolnya.

Itulah artikel sederhana Cara Tepat meghilangkan Candu Gadget atau Hp pada Anak.semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat meghilangkan Candu Gadget atau Hp pada Anak"

Post a Comment

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun