BAHAYA FITNAH AKHIR ZAMAN



Assalamu'alaikum Wr. rb.

Apa kabar saudara seiman ? mudah-mudahan ada dalam keadaan sehat wal afiat. Aaamin
penulis kali ini tertarik mempost mengenai fitnah yang beredar pada zaman sekarang.
saudaraku seiman akhir-akhir ini banyak sekali fitnah yang mungkin secara sadar kita mengetahuinya dan hampir terbiasa kita saksikan, dan kita rasakan . tentunya saudaraku semua merasakannya, betapa bebasnya sekarang fitnah-fitnah yang terjadi pada zaman sekarang.
agar mengatahui fitnah zaman sekarang, kita baiknya mengetahui dulu macam-macam fitnah yang telah dan sedang terjadi pada zaman ini :

  1. Fitnah Syubhat
Syubhat dalam artian samar atau tidak jelas. Dalam fiitnah syubhat, seseorang menjadi rusak ilmu dan keyakinannya sehingga menjadikan perkaran ma’ruf menjadi samar dengan kemungkaran, sementara kemungkaran sendiri tidak ia hindari (dikerjakan). Fitnah syubhat merupakan fitnah paling berbahaya oleh karena kurangnya ilmu dan lemahnya bashirah, ketika diiringi dengan niat buruk dan hawa nafsu maka timbullah fitnah besar dan keji.
Rasulullah SAW  sangat mengkahwatirkan fitnah syubhat, sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Abu Barzah Al-Aslamy, beliau bersabda yang artinya;
“Sesungguhnya di antara yang aku takutkan atas kamu adalah syahwat mengikuti nafsu pada perut kamu dan pada kemaluan kamu serta fitnah-fitnah yang menyesatkan.” (H. R. Ahmad).
dan yangTermasuk dalam fitnah syubhat adalah;
  • Kekafiran

Allah SWT berfirman yang artinya;
Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. mereka itu orang-orang yang telah kufur terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan (kufur terhadap) perjumpaan dengan Dia, Maka hapuslah amalan- amalan mereka, dan Kami tidak Mengadakan suatu penilaian bagi (amalan) mereka pada hari kiamat.  (Q. S. Al Kahfi 18: 103-105).
  • Bid’ah penyebab perpecahan

Sebuah hadist dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan RA,
“Ketahuilah, sesungguhnya Rasulullah SAW berdiri kepada kami, lalu bersabda: Ketahuilah, sesungguhnya Ahlul Kitab sebelum kamu telah berpecah-belah menjadi 72 agama. Dan sesungguhnya agama ini (Islam) akan berpecah-belah menjadi 73 agama. 72 di dalam neraka, dan sati di dalam sorga, yaitu Al-Jama’ah.”
“Dan sesungguhnya akan muncul beberapa kaum dari kalangan umatku yang hawa-nafsu menjalar pada mereka sebagaimana virus rabies menjalar pada tubuh penderitanya. Tidak tersisa satu urat dan persendian kecuali sudah dijalarinya.” (H. R. Abu Dawud, Ahmad, Al-Hakim)
  • Kemunafikan

Allah SWT berfirman yang artinya;
Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. dan bila dikatakan kepada mereka: ’Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi.’ Mereka menjawab: “Sesungguhnya Kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.”  (Q. S. Al Baqarah 2: 10-11).
  1. Fitnah Syahwat
Fitnah syahwat adalah segala perbuatan yang dapat melemahkan dan mengikis iman seseorang disebabkan oleh mengikuti hawa nafsu. Mereka yang terkena fitnah syahwat biasanya malas beribadah serta tidak segan melanggar perintah Allah dan mengerjakan apa yang dilarang. Hal ini disebabkan oleh hawa nafsu beserta andil dari iblis yang senantiasa mengiringi dan membuat iman semakin lemah.
Umumnya, fitnah syahwat adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia, kesenangan, dan yang membangkitkan hawa nafsu.Allah SWT berfirman yang artinya;
“Dijadikan indah bagi manusia kecintaan kepada syahwat (apa-apa yang diingini) berupa wanita, anak-anak, harta kekayaan yang berlimpah dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga).” (Q. S. Al-Imran : 14).

nah macam-macam fitnah diatas mana yang lebih kita rasakan sekarang ini, karena mungkin tiap manusia atau tiap insan merasakan yang berbeda, tapi memang ada salahsatunya yang sekarang sedang terjadi dan secara terang-terangan, teman semua bisa menyimpulkan sendiri tentunya.
saudaraku seiman jika kita lihat dari potensi bahaya fitnah maka jangan kita anggap remeh tentang dampak fitnah, karena fitnah akan merugikan orang lain yang terkena fitnah tapi juga diri kita sendiri baik dunia maupun akhirat. ini dia bahaya ftinah sesuai firman Alloh SWT.
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (Q. S. Al Hujurat : 6).
dan mungkin inilah yang mengharuskan kita untuk bertabayun setiap ada berita, minimal kita mengetahui secara umum tentang apa yang terjadi, karena memang sangat ringan dimulut tapi berat pertanggung jawabannya di hadapan Alloh SWT. sesuai  firman-NYA.
“Kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja.Padahal dia pada sisi Allah adalah besar” (Q. S. An Nur : 15).
setelah itu setiap raga akan ada pertanggung jawaban kelak nanti di akhirat.
“Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la’nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka adzab yang besar, pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. Pada hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yang setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka, bahwa Allah-lah Yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya).” (Q. S. An Nur : 23-25).
dari keterangan diatas sudah bisa disimpulkan bahwa pertanggungjawaban fitnah sangatlah berat hukumnya. memang fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan, dan dampak dari fitnah itu sendiri sebagian kecil saya tulis di bawah ini :
1. Fitnah dapat merugikan orang lain
    fitnah dapat merugikan orang lain, bisa di perhitungkan karena fitnah orang bisa hancur, harga dirinya, hartanya, keluarganya, kepercayaanya dan masih banyak yang lainnya.
2. Berdampak mencelakakan orang
    sebab fitnah tidak sedikit orang yang banyak berselisih bahkan sampe adanya kekerasan lebih kejamnya adanya pembunuhan, bahkan mungkin tawuran atau semacamnya.
3. Akan terjadi kerasahan masyarakat
    Misal di suatu kampung akan ada penyerangan dari kampung lain atau serangan secara besar-besaran dari sekelompok orang. dan ini semua merupakan berita bohong, tentu akan membuat resah orang satu kampung.
4. Memutus Persaudaraan atau Silaturahmi
    hal ini sudah pasti tentu terjadi apabila fitnah terjadi kepada salah seorang atau kelompok, karena orang yang terkena fitnah tidak menutup kemungkinan akan dijauhi oleh saudaranya atau teman bahkan bisa dikucilkan atau dibuang.
5. Salah satu Dosa besar
    Semua dosa apabila tidak sempat beertobat pasti akan ada balasannya, hal ini merugikan sekali kepada si pelaku, selain akan mendapat siksa dari Alloh SWT. juga akan menerima pertanggungjawaban dari orang yang menjadi korban fitnahnya atau orang yang dirugikannya dalam artian dosa orang yang difitnah menjadi berpindah kepada si pemitnah sesuai kadar besarnya fitnah yang dilakukan. Wallahu A'lam.

NAH SAUDARAKU SEIMAN, ALAHKAH BESAR DAN BERATNYA PERTANGGUNGJAWABAN FITNAH KARENA DAMPAKNYA BISA SAJA SANGAT BERBAHAYA. UNTUK ITU SAUDARAKU SEIMAN MARI  KITA UNTUK MEMPOSISIKAN DIRI MENJADI ORANG YANG CERDAS BISA MEMILIH DAN MEMILAH MANA YANG BENAR DAN SALAH, SETIDAKNYA KITA MENGAMBIL DARI SUMBER YANG TERPERCAYA. MENGAMBIL KEPUTUSAN TENTANG APA YANG AKAN KITA LAKUKAN KARENA FTINAH TERHADAP DIRI SENDIRI JUGA SANGATLAH GAMPANG DILAKUKAN DAN MUDAH-MUDAHAN KITA SEMUA TERHINDAR DARI FITNAH YANG AMAT KEJI.
AAAAMIIIIN..

BACA JUGA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAHAYA FITNAH AKHIR ZAMAN"

Post a Comment

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun