Cara cepat menghafal Juz Amma untuk Anak

menjadi Orang tua yang mempunyai anak Sholeh tentunya adalah impian setiap orang tua yang menyadari pentingnya menjadikan anak kita Sholeh Solehah, hal ini tergantung pada kita dalam mendidik, dan menjadi panutannya. diantaranya menjadikan anak kita yang hafidz atau setidaknya hafal satu juz atau Juz Amma, semua ini tidak bisa dengan hal yang mudah, ada tahapan orang tua yang mesti sabar dan menerapkan, cara di bawah adalah metode sederahana yang mudah di iktui oleh anak dan Insya Allah akan menjadikan mereka Hafidz.

1. Pilihlah surat surat Al-Fatihah terlebih dahulu karena tu sebagai Pembuka. Kemudian lanjutkan dengan Juz Amma. dan pilih dulu yang paling pendek yaitu An-Nas dan
berlanjut mundur sesuai dengan banyaknya Ayat pada Surat, hal ini secara Psikologi akan memotifasi anak karena mereka akan semakin giat setelah bisa menghapal satu surat dua surat dan seterusnya walupun suratnya pendek-pendek.

2. target hafalan dalam satu sehari, dengan target yang mudah dipenuhi, sampai akhirnya hafalannya semakin kuat. Itu juga akan memudahkan proses menghafal selanjutnya. Kadar atau target  ini berbeda tiap orang, tergantung kecerdasan dan kecepatan hafal yang dimiliki. Jangan memaksakan untuk langsung dapat menghafal banyak ayat dalam sehari, ini akan membuat anak menjadi Stres dan akan berujung Bosan dan akhirnya menyerah.

3. perbanyak muraja’ah (mengulang-ulang) sampai benar-benar hafal. Jangan sampai ada hari yang terlewati tanpa hafalan baru maupun mengulang hafalan yang lalu.  Mujara’ah ini bisa dilakukan sambil bermain denga anak atau sambil beraktifitas agar anak terbiasa dan lancar dalam bacaan.

4. memberikan Motivasi pada sang anak dengan hadiah bila telah selesai satu surat atau beberapa surat bahkan bila sampai menghafal satu juz dengan sempurna.

5. Awali dengan talqin (membacakan untuk anak) dan tardid (memperdengarkan berulang kali dengan sering). Biasanya ini adalah awal modal dalam menghafal, kemudian ajari ia cara membaca (Al-Quran), sampai nanti dia mahir membaca Al-Quran sendiri tanpa perlu didampingi
6. bila sang anak sudah mencapai usia wajib-shalat dan berakal, ajarkan dia agar

mengulangi hafalannya dengan cara membaca (surat yang telah dihafalnya) dalam melaksanakan shalat, baik shalat fardhu maupun nafilah (sunnah).

7. Ulangi hafalannya dengan mendengar Mp3 atau Audio semacamnya, agar terpadu antara baiknya pelafalan dan baiknya cara baca. Hal ini juga bermanfaat untuk mengulang hafalan dan memperkuatnya.

8. pintarlah memilih waktu yang sesuai untuk menghafal,  dalam waktu senggang dan tenang,  misalnya waktu setelah fajar (subuh) atau waktu antara maghrib dan isya. Jangan sampai memaksakan ketika anak lapar, capek, atau mengantuk.atau waktunya bermain.

9. berikan pujian pada anak di hadapan temannya atau kerabat, sebagai motivasi dan penyemangat dan akan menjadi memotivasi para tentangga dan kerabat supaya ikut menghafal Al-Quran. Baca dua surat al-mu’aqqidzat (yaitu Al-Falaq dan An-Nas), agar terhindar dari ‘ain orang yang dengki.

10. Penting sekali bagi sang anak jangan menggonta ganti Mushaf atau Alqu’ran atau Juz Amma, karena dengan mengetahui tata letak ayat dan surat sang anak akan terbantu daya ingatnya.

11. Latih sang Anak untuk belajar menuliskan ayat yang telah dihafalnya, sehingga akan menguatkan hafalannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara cepat menghafal Juz Amma untuk Anak"

Post a Comment

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun