Profil Anis Rasyid Baswedan Biografi dan Bio Data Lengkapnya


Siapa yang tidak kenal dengan seorang tokoh yang satu ini, dia adalah seorang yang penomenal bahkan dia mendapat gelar oleh masyarakat indonesaia dengan sebutan Gubernur Serasa Presiden.
atau Gubernur Indonesia, julukan ini adalah spontan muncul dari masyarakat karena baliau sangat kharismatik, Sopan santun, ramah, penuh dengan senyum, pembicaraanya menyejukan dan Piawai dalam mengatasi permasalahan. Iya dialah Anis Baswedan atau nama Anis Rasyid Baswedan. Untuk lebih jelasnya kita langsung aja cek Bio Data Beliau



Bio Data Anis Baswedan 

Nama Lengkap      : Anies Rasyid Baswedan
Lahir                     : 7 Mei 1969, di Kuningan, Jawa Barat
Agama                  : Islam
Orang Tua             : Rasyid Baswedan (Ayah) / Aliyah Rasyid (Ibu)
Saudara                : Abdillah Rasyid Baswedan dan Ridwan Rasyid Baswedan
Istri                       : Fery Farhati Ganis
Anak                     : Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, Ismail Hakim Baswedan



Biografi Anies Baswedan


Nama lengkapnya Anies Rasyid Baswedan. Anis dilahirkan tanggal 7 Mei 1969 Kuningan, provinsi Jawa Barat.

Beliau Lahir dari  keluarga Akademisi. anak pertama Drs. Rasyid Baswedan, S.U. Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia.Ibunya Prof. Dr. Aliyah  Rasyid, M.Pd. sebagai Guru besar dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta).

Anies Baswedan memiliki saudara yaitu Abdillah Rasyid Baswedan dan Ridwan Rasyid Baswedan. Dan Anies juga adalah sepupu Novel Baswedan yang merupakan penyidik di KPK.

Anies adalah cucu dari 


Abdurrachman Baswedan (AR Baswedan). Kakeknya adalah pejuang pergerakan nasional yang dulu pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan pada masa awal kemerdekaan Indonesia.


Masa Kecil

Menjelang usia 5 tahun Anies Baswedan memulai pendidikan formalnya. Ia bersekolah di TK Masjid Syuhada di Kota Baru, Yogyakarta. setelahnya usia enam tahun melanjutkan ke SD Laboratori Yogyakarta.lau SMP Negeri 5 Yogyakarta adalah Sekolah Menengah Pertamanya.

dunia organisasi dan kepemimpinan sudah tidak asing lagi baginya karena  Anies Baswedan telah sering aktif dalam hal itu. Saat usia 12 tahun, Dia sudah bisa membentuk kelompok anak-anak muda antara umur 7 hingga 15 tahun di kampungnya halamannya.

Kelabang’ (Klub Anak Berkembang) adalah nama dari Organisasi yang Anis Bentuk, olahraga dan kesenian adalah keiatan yang sering diadakan oleh Kelompok itu.


Masa SMA

Masa SMA Anis adalah SMAN 2 Yogyakarta. Dia juga tidak ketinggalan dengan pernah menjabat sebagai Ketua Osis di Sekolahnya bahkan tidak tanggung dia menjabat sebagai ketua OSIS se-Indonesia pada saat  pelatihan kepemimpinan di Jakarta pada tanun1985.dari 300 delegasi SMA-SMA se-Indonesia yang ia Ketuai. padahal Anis adalah Siswa kelas 1 atau kelas 10 disekolahnya.

Selama 4 tahun Anis Bersekolah di Bangku SMA hal itu karena seorang Anis adalah  peserta yang terpilih dalam  program AFS atau program Pertukaran Pelajar yang di diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (1987-1988).


Masa Kuliah



Sebagai Mahasiswa UGM
Universitas Gajah Mada di Fakultas Ekonomi adalah Jurusan dan Uiversitas yang Anis pilih. Saat di Universitas Gadjah Mada (UGM) (1989-1995), aktif di HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Dan Ketua Umum Senat Mahasiswa UGM pun ia Pegang.
Anies mendapatkan beasiswa Japan Airlines Foundation Sewaktu menjadi mahasiswa UGM, untuk mengikuti kuliah musim panas bidang Asian Studies di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang.

Master dan Doktor di Amerika Serikat

Lulus dari UGM pada 1995, Anies bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi di UGM., 


Anies mendapatkan beasiswa Fulbright untuk pendidikan Master Bidang International Security and Economic Policy di Universitas Maryland, College Park.

William P. Cole III Fellow di Maryland School of Public Policy, ICF Scholarship, dan ASEAN Student Award. Adalah nama Anugerah untuknya pada saat dia Kuliah sebagai penghargaan atas prestasinya.

Menjadi peserta Gerald Maryanov Fellow di Departemen Ilmu Politik di Universitas Northern Illinois Di tahun 2005, “Otonomi Daerah dan Pola Demokrasi di Indonesia”. Adalah  disertasinya  yang ia dapat menyelesaikan.

Saat di Amerika Serikat, Anies aktif di dunia akademik dengan menulis sejumlah artikel dan menjadi pembicara dalam berbagai konferensi. Ia banyak menulis artikel mengenai desentralisasi, demokrasi, dan politik Islam di Indonesia.
 “Political Islam: Present and Future Trajectory” dimuat di Asian Survey, adalah judul jurnalnya yang berhasil diterbitkan oleh Universitas California.

Dan  artikel yang berjudul Indonesian Politics in 2007: The Presidency, Local Elections and The Future of Democracy  telah diterbitkan oleh BIES, Australian National University.

Sepulangnya dari Amerika, Anies bekerja sebagai National Advisor bidang desentralisasi dan otonomi daerah di Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan, Jakarta pada tahun 2006-2007 Ia pernah juga menjadi peneliti utama di Lembaga Survei Indonesia pada tahun 2005-2007.

Rektor Termuda Se Indosnesia
Anies Baswedan dilantik menjadi rektor Universitas Paramadina Pada tanggal 15 Mei 2007,. Anies menggantikan rekotor  yang dulu seorang  cendekiawan dan intelektual Muslim yang bernama Nurcholish Madjid. Hal ini menjadikan Anis sebagai rektor termuda di seluruh Indonesia sebab saat itu ia baru berusia 38 Tahun, dan berbagai Pretasi yang ia raih yang jarang Tokoh lain mendapatkannya bahkan satu-satunya baca dPrestasi Anis Rasyid Baswedan dan Penghargannya



Baca Juga   👉 Profil Prabowo Subianto
                    👉 Profil Sandiaga Salahudin Uno
                    👉 Deretan Prestasi Sandiaga Uno






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Anis Rasyid Baswedan Biografi dan Bio Data Lengkapnya"

Post a Comment

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun