7 hal yang bisa Menjadikan Pribadi yang tangguh ( In Saa Alloh )


Apa yang menentukan sampai sejauh mana seseorang akan menjalani kehidupannya? Dan  Bagaimana ia dapat bertahan dan mampu mengatasi segala permasalahan yang ia hadapi?

Perjalanan hidup tak jauh dari yang namanya masalah.. karena masalah adalah bagian dari kehidupan, namun banyak yang mengartikan masalah adalah suatu dari kerugian, padahal tidak sama sekali, masalah adalah sesuatu hal yang menjadikan kita bisa disebut dengan orang yang sukses, iyah, hanya orang yang bermental tangguh yang akan mempunyai pandangan seperti ini. Permasalahan yang sebenarnya adalah Bagaimana kita menyikapi dan menanggapi masalah kehidupan yang kita jalani ? tentu banyak cara dan jalan bahkan banyak hikmah yang bisa menjadikan kita lebih baik dan suskes. Tergantung pada diri kita.

Dengn memiliki mental kuat dan tangguh ditambah percaya diri tinggi dan tetap berpedoman pada dasar Keimanan,  segala sesuatu  bisa memberikan dampak positif bagi diri sendiri. Hal ini akan membuat seseorang tetap gigih mencapai tujuan meski banyak halangan menghadang baik dalam karir, sekolah, hingga perekonomian.

Sayang tidak semua orang terlahir dan dididik dengan mental baja. Namun, tak perlu rendah diri. Meski tak terlahir dengan sifat tersebut asalkan mampu mengembangkan. Dari artukel ini, inilah cara agar melatih dan memberikan gambaran agar mental kita menjadi tangguh dan kuat.

Stres terkontrol

1. Stres terkontrol
Sadari dan bertindaklah cepat walau bagaimanapun langkahnya asalkan ada tindakan, berlama-lama dalam merenungi masalah akan membuat diri semakin strees.
Sebuah studi dari New York University menemukan stres yang terjadi pada seseorang terus menerus membuat orang tersebut sulit mengendalikan emosi.

2. Tidak gila kontrol
Meskipun kehidupan kita selalu terkendali, bukan berarti menjadi gila kontrol. Biarkan hal-hal kecil di luar kendali terjadi, asal yang tidak  merugikan orang atau keluar dari dasar agama, misal mengambil keputusan yang harus secepatnya berkaitan dengan urusan kecil. Hal ini bisa dilakukan asalkan tidak membuat pengaruh besar dalam kehidupan. Ini sebagai bahan pelajaran untuk lebih belajar dari suatu

Punya tujuan spesifik

3. Punya tujuan spesifik
Kehidupan terus berjalan, dan setiap Insan harus mempunyai tujuan, ibarat kita berjalan, pasti ada arah yang kita tuju, membuat tujuan yang terbaik dalam segala hal adalah planning yang bisa membuat kita menjadi pribadi tangguh. Sebuah studi dari Harvard menemukan siswa yang telah menentukan tujuan spesifik cenderung mendapatkan hasil dua kali lebih banyak maupun optimal dibanding yang tidak memiliki tujuan.

4.  Menerima diri sendiri
Rasakan dan cermati pahami, dalam diri kita ini ada apa saja, entah kekuatan dalam kesabaran, ketekunan, menentukan putusan, seringlah merenung bahwa kita diciptakan mampu melewati semua halangan, apa yang kita lewati dan kita alami adalah kepercayaan dari sang Pencipta terhadap diri kita bahwa kita mampu menguasai itu semua, akui diri dalam segala kemampuan akan membuat kita lebih mudah dan rilek dalam melakukan sesuatu.



Mampu kendalikan hidup

5. Mampu kendalikan hidupnya
Di dunia ini ada dua jenis orang: mereka yang percaya akan takdir dan mereka yang percaya mampu mengendalikan sesuatu.
Jadilah orang yang dengan tipe keduanya, karena mampu mengendalikan sesuatu adalah proses menuju takdir, intinya lakukan maksimal dan didepan adalah takdir kita, intinya Manusia Wajib berikhtiar Allah yang mentukan, jangan tunggu kebenrungan karena Ikhtiar adalah kewajiban langsung bergerak tanpa menunggu keberuntungan dan tak perlu khawatir akan nasib buruk. Biasanya orang dengan mental tangguh langsung bergerak seolah-olah keberhasilan atau kegagalan dalam kendalinya.

6. Fleksibel
Hidup tak selalu berjalan seperti yang direncanakan, akan ada kejutan-kejutan di dalamnya. Bersifat fleksibel menghadapinya membuat Anda terbuka terhadap sesuatu yang tak terduga.

7. Mau belajar dari kesalahan
Kesalahan adalah proses dalam runtuhnya kehidupan yang baik, tapi ini harus bisa menjadi pecut untuk berhasil di masa depan. Anggap saja kesalahan ini sebagai cambuk peringatan bagaimana mentukan keputusan.

Tetap Tangguh

Agar berhasil dalam menjalankan hidup, maka kamu membutuhkan ketangguhan mental untuk mengatasi rintangan dan pulih dari keterpurukan. Begitu kamu melakukannya, kamu akan menyadari bahwa tidak ada gunung yang terlalu tinggi atau sungai yang terlalu lebar dan deras, apapun akan bisa kamu lewati. Karena kamu, tangguh! Ingat Allah meberikan permasalahan dan persoalan hidup pada kita itu karena Allah percaya bahwa kita akan mampu menghadapinya tinggal bagaiaman kita menjalankannya dan cara menyikapinya.

tulisan ini dibuat sebagai motivasi pada diri sendiri agar selalu ingat bahwa saya pernah memberikan gambaran pada semua  orang dan akan menjadi peringatan dimana saya mengalami permasalahan yang besar.
terimakasih telah memabaca artikel 7 hal yang bisa Menjadikan Pribadi yang tangguh ( In Saa Alloh ). baca juga artikel-artikel lainnya, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 hal yang bisa Menjadikan Pribadi yang tangguh ( In Saa Alloh )"

Post a Comment

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun