7 Permasalahan yang sering muncul di Dapodik 2019.c dan cara mengatasinya



Aplikasi Dapodik 2019 C Baru saja Rilis setelah beberapa hari kemarin, telah dirilis kembali Dapodik 2019 Versi c bermunculan masalah-masalah yang di hadapai para operator dan kali ini banyak sekali permasalahan dalam aplikasi Dapodik  versi c ini seperti  gagal instal dapodik, registrasi gagal  menggunakan prefill, jumlah jam mengajar (JJM) bermasalah, tidak terkoneksi internet, aplikasi dapodik tidak bisa dibuka, situs tidak dapat dijangkau  dan lain sebagainya.

untuk itu kita akan membahas permasalahan dan bagaimana cara mengatasinya satu persatu dan bagaimana solusinya. mudah-mudahan bisa meringankan sedikit beban pekerjaan para Operator dapodik semuanya.


Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang muncul pada saat menggunakan dapodik 2019 versi c

1. DAPODIK TIDAK BISA DI INSTAL ATAU TERHENTI DIJALAN

amuncul 

Alternatif Solusi

  • Sebaiknya Non Aktifkan Internet saat akan Instal dapodik 2019 versi C
  • Non aktifkan dulu Windows Firewallnya atau Antifirus dan aplikasi lain yang berhubungan dengan dapodik, seperti E-raport. PMP, dan lain sebagainya

2. REGISTRASI APLIKASI DAPODIK 2019 C SELALU GAGAL

Untuk para operator yang baru mungkin ada pertanyaan, bagaimana jika ingin Registrasi dapodik secara Online atau Ofline ?
boleh saja mau registrasi Ofline atau Online sama saja. ada tips untuk registrasi bila ingin Online dan agar cepat dan tidak menunggu lama. 
  • Lakukan di luar jam kerja misal jam 12 malam atau pagi-pagi sekali sekitar setelah subuh. ini karena pada saat baru rilis aplikasi dapodik seluruh Operator akan melakukan Intsal pada waktu yang sama dan akan menimbulkan kemacetan pada saat registrasi Online.
pada saat baru Rilis sebaiknya
Registrasi secara Ofline. download Prefill pada Link alternatif, pilihlah situs yang berada di tengah atau paling bawah, karena kebanyakan situs yang paling atas adalah situs yang paling banyak di buka o;eh para operator

3. FILE PREFILL DAPODIK 2019 c. TIDAK DITEMUKAN


Kenapa prefill tidak ditemukan ?. Padahal sudah di masukkan kedalam folder dapodiknya.
caranya  :
  • Itu biasa saja terdapat kesalahan pada nama atau kapasitas file prefillnya kecil, sebaiknya prefill itu di atas 1kb dan nama prefill jangan di edit atau di tambah-tambah nama file prefill tersebut yang di dapat dari generate prefill. simpanlah  file prefill di Local disk c - prefill_dapodik.



4. GAGAL SINKRONISASI DAPODIK 2019 c.

 Cara :
  • Cek jaringan Internet dan pstikan Koneksi Internet keadaan maksimal atau Koneksi Kuat., dan apabila disconnect sebaiknya computer di cleaner atau di bersihkan dan browsernya di cleaner history nya. Setelah itu coba Login Aplikadi Dapodik 2019.c dan silahkan validasu dan sinkron lagi.
5. TIDAK BISA BUKA APLIKASI DAPODIK 2019 c atau LOADING YANG PANJANG

Kenapa saat ingin registrasi Dapodik 2019.c, terasa lama pada proses nya. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya berhasil. Dan kenapa dapodik selalu lama lodingnya tidak bisa dibuka ?. Apa karena saat registrasi dapodik yang lama itu, penyebabnya dapodik tidak bisa dibuka ?
Kalo masalah lama atau  tidak nya saat proses registrasi itu tergantung koneksi internetnya. Jika koneksi internetnya sangat lemah itulah yang akan terjadi. Kalau yang proses membuka aplikasinya lama sebaiknya disconnected kan dulu akses internetnya dan clear history pada brosernya. Dan Login kembali Aplikasi Dapodiknya.

6. SELURUH DATA PADA APLIKASI DAPODIK 2019 C KOSONG

kenapa data dapodik  kosong?
itu karena mungkin registrasi yang dilakukan kurang maksimal atau prefill tidak sempurna kesalahan ini terjadi biasanya karena koneksi internet yang lambat atau tidak stabil saat mendownload dapodik ataupun prefill dapodik 2019.c 
Caranya :
  • silakan anda instal ulang dapodik 2019.c namun pastikan dahulu instalan dapodik 2019.c yang terpasang uninstal terlebih dahulu. jika masih mengalami error seperti ini anda sebaiknya mengulang download dapodik 2019.c dan dengan Koneksi Internet yang bagus.

7. DAPODIK 2019 c TIDAK BISA DI INSTAL PADA WINDOW 7
     
kesalahan dapodik 2019.c tidak bisa di instal pada window 7?
Caranya :
  • patikan dapodik 2019 c versi B sudah di hapus, dan jika masih tetap tidak bisa. silahkan instal file vc++ 2015, matikan windown firewall dan anti virus, kemudian anda instal lagi dapodik 2019.c nya jika masih mengalami masalah anda sebaiknya menggunakan laptop dengan sistem operasi window 10. hal yang sering terjadi ketika menggunakan window 7 kesalahan terjadi seperti system error vcruntime, net frame work tidak terinstal, situs tidak dapat di jangkau dan masalah yang lainnya.


itu saja untuk Postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk masukan dan Cara alternatif yang lain silahkan bisa tulis di kolom Komen untuk saling berbagi agar dalam mengatasi permasalahan aplikasi dapodik 2019 c bisa di atasi oleh para operator dengan mudah.

baca Juga :  
👉  Susah download Aplikasi dapodik 2019 c. silahkan kunjungi Link Alternatif ini



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Permasalahan yang sering muncul di Dapodik 2019.c dan cara mengatasinya"

Post a Comment

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun