Cara Menghubungkan Mesin Fingert Print ke aplikasi Geisa, ( Finger frint Bukan Geisa)


Assalamu’alaikum sobat operator semua, kali ini admin ingin berbagi tutorial Cara Menghubungkan Mesin Finger Print ke Aplikasi Geisa, ( Finger frint Buka Geisa), langsung saja ini dia turial Cara Menghubungkan Mesin Finger Print ke Aplikasi Geisa, ( Finger frint Buka Geisa)
Untuk Cara Menghubungkan Mesin Finger Print ke Aplikasi Geisa, ( Finger frint Buka Geisa) yang pertama :

1. Download terlebih dahulu aplikasi GEISA Client terbaru  di laptop yang terisntal  aplikasi Dapodik baik Dapodik SMP / SMK/ SMA dan jenjang yang lainnya.. Aplikasi GEISA dapat didownload di :https://geisa.online/


2. Jika aplikasi Geisha sudah terdownload, instal aplikasi GEISA Client di laptop.



3.  Buka aplikasi GEISA Client dengan memasukan alamat : http://localhost:9315. Lakukan registrasi terlebih dahulu. Browser yang d anjurkan adalah Chrome.



4.  Masukan NPSN sekolah, User Name ( username dan Pasword sama dengan  Dapodik), klik registrasi.



5. Registrasi memerlukan waktu hingga beberapa saat sampai pemberitahuan Registrasi berhasil / selesai. Jika registrsi telah berhasil, klik tombol Kembali Login sehingga jendela login terbuka. masukan User Id dan password yang sama dengan Dapodik.



6. setelah halaman GEISA Client telah terbuka, klik menu mesin. Klik panah kecil di tengah halaman agar halaman terbuka ke bawah.




7. disana da tombol tambah dan Klik tombol tambah kemudian akan muncul list mesin absensi. Ubah IP Adress mesin disesuaikan dengan IP Adress Kabel Lan Yang digunakan untuk menghubungkn mesin dengan laptop. Cara menghubungkan Mesin dengan Laptop dengan Cara klik di mesin yang terpilih kemudian pilih menu ubah. Ingat  Gunakan tombol tab untuk memindahkan kursor.


8. nyalakan Finger Frint dan sambungkan dengan laptop menggunakan kabel LAN. Untuk melihat IP adress kabel , buka di Control Panel, dan liat pada Network And Internet, Network And Sharing Center.



9. Pilih Change adafter seting. Pilih koneksi kabel Lan dari mesin ke laptop. Klik kanan dan pilih status.

10. Klik detail dan lihat IP Adress kabel La dan setelah itu IP address dimasukan  ke dalam IP Adress di aplikasi GEISA. Tambahkan satu angka di angka terakhir IP Adress. Misal: IP adress yang tertera di bawah adalah 169.254.17.111. Ditulis di aplikasi GEISA 169.254.17.112. Jika IP adres sudah dimaskukan  klik simpan. Catatan IP Adress di mesin fingerprint harus sama dengan yang tertera di aplikasi GEISA


11. Pilih pengaturan 3 kemudian simpan.

12. Setelah  memasukan IP adres seelsai selanjutnya buka GEISA Connect. Samakan IP Adressnya dengan IP Adres di GEISA. Jika IP Adress sudah sama, klik connect.



13. apabila dalam  IP Adress benar dan sesuai, mesin akan tersambung dengan Aplikasi Geisa, cirinya adalah Lingkaran merah yang berubah menjadi warna Hijau pada Data Mesin yang dipilih tadi, serta serial Nomor  mesin dan Jenis Finger Print akan otomatis masuk pada alpilasi GEISA.



14. Langkah di atas bisa saja gagal, itu terkadang karena gangguan koneksi, solusinya adalah lakukan cara di atas berulang-ulang, tapi tidak harus Un-Intsal Aplikasi Geisa, hanya dalam Pengatutan IP adres dan pengkoneksian Mesin dengan Aplikasi GEISA.

Itulah tutorial Cara Menghubungkan Mesin Finger Print ke Aplikasi Geisa, ( Finger frint Buka Geisa)
Semoga tutorial Cara Menghubungkan Mesin Finger Print ke Aplikasi Geisa, ( Finger frint Buka Geisa) bisa bermanfaat , kalo ada masukan silahkan ketika pada  kolom komentar.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Menghubungkan Mesin Fingert Print ke aplikasi Geisa, ( Finger frint Bukan Geisa)"

  1. kalo muncul kode error 8, solusinya bagaimana y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Aplikasi Finger Print yang kita pakai tidak Suport pada komputer Kita. Karena kbyakan tidak muncul Eror 8. Atau coba hilangkan aplikasi xamp terlebih dahulu jika di komputer memakai xamp.
      Itu biasanya ada aplikasi lain yang menjadi penghambat.

      Delete

dengan senang hati silahka tinggalkan komentar masukan atau kritik yang membangun